*KISAH SEORANG MURID YANG ANGKUH (SOMBONG) DAN LUPA DIRI*

in #blog6 years ago

Dikisahkan Ada seorang Ulama Besar panggilan ceramah kemana-mana, jama'ahnya pun berada di mana-mana, santrinya juga banyak, tidak ada orang yang melihatnya kecuali dengan mata tertunduk, wibawanya luar biasa, namanya begitu masyhur di mana-mana namun ia tidak hormat dan meremehkan gurunya yang ngajarin alif2an (iqro). Ketika gurunya menyapa pun tidak diperdulikan begitupun ketika didepan orang banyak tidak ada rasa hormat santun kepada gurunya itu. Sering juga di acara gurunya ketika diundang tidak pernah datang atau hadir. Karena sikap muridnya seperti itu, gurunya pun merasa sakit hati dan di kemudian hari muridnya (yang menjadi Ulama besar) itupun jatuh sakit, dab berobat kemana-mana tidak ada dokter yg bisa mengobati. Para Ahli Hikmah juga tdak ada yang sanggup mengobatinya. Lama sudah sakitnya sampai buang air pun di tempat pembaringan, mulut sudah tidak bisa bicara, matapun selalu terpejam, keluargapun sudah bingung mesti kemana dia berobat.
Pada akhirnya ketemulah dengan seorang Ahli Hikmah yang Kassyaf, pandangan matanya bisa menembus ke hati, dan Ahli Hikmah ini menyuruh keluarganya untuk mengumpulkan semua guru-urunya baik yang di dalam Negeri atau yang ada di luar Negeri. Para guru-guru yang masih hidup pun semua hadir, tapi kata Ahli Hikmah yang Kassyaf masih ada satu lagi yang belum hadir. Akhirnya keluargapun menjadi kebingungan karena mungkin selama ini ia tidak pernah cerita.
Suatu hari ada seorang teman ngajinya ketika alif2an (Iqro) memberanikan diri untuk angkat bicara, dan ia memberi tahu bahwa yang sakit ini mempunyai guru Alif2an yang pada saat itu tidak hadir. Sang guru itu pun dipanggil, dan ketika sang guru Alif2an ini datang, mata yang tadinya selalu terpejam mulut yang tidak bisa bicara tiba-tiba terbuka perlahan serta mulutpun dengan suara yang parau pun terdengar. Lalu tangisan yang tersedu-sedu dan cucuran air mata pun kluar, lalu ia berbicara dan minta maaf atas sikap angkuh dan sombongnya selama ini. Sang guru pun merasa terharu dan menangis sambil memeluk muridnya. Setelah sang guru memaafkan muridnya ini, sang muridpun akhirnnya meninggal dunia dengan tenang....

Alhabib muhammad bin 'Alwi Almaliki berkata:

أغضب من الطالب الذي لا يحترم أستاذه ولو كان الأستاذ صاحبه
"Aku marah terhadap pelajar yg tidak menghormati gurunya,meskipun sang ustadz adalah temannya.

Berkata imam nawawi:

ينبغى للمتعلم أن يتواضع لمعلمه ويتأدب معه
"Seyogyanya bagi seorang murid harus merendahkan diri kepada gurunya dan beradab kepadanya

وإن كان أصغر منه سنا واقل شهرة ونسبا وصلاحا لتواضعه يدرك العلم

Meskipun sang guru lebih muda,tidak populer dan lebih rendah nasab serta kesholehannya dari sang murid,karena ilmu bisa di peroleh dengan kerendahan diri dari seorang murid."

Beliau juga berkata:

عقوق الوالدين تمحوه التوبة وعقوق الأستاذين لا يمحوه شيء البتة
"Dosa durhaka kepada kedua orang tua bisa di hapus dengan taubat sedangkan dosa durhaka kepada guru tidak bisa di hapus oleh sesuatu apapun."

Alhabib 'abdulloh bin 'Alwi Alhaddad berkata:

وأضر شيء على المريد تغير قلب الشيخ عليه
"Paling berbahayanya bagi seorang murid (orang yg ingin sampai kepada keridhoan Allah, baik kalangan pelajar atau bukan) adalah berubahnya hati dari seorang guru kepadanya."

ولو اجتمع على إصلاحه بعد ذلك مشايخ المشرق والمغرب لم يستطيعوه إلا أن يرضى عنه شيخه

Jikalau semua guru dari timur dan barat berkumpul untuk memperbaiki keadaan si murid, maka mereka tidak akan mampu kecuali gurunya telah ridho kembali kepadanya."

Perkataan-perkataan di atas sebagai nasihat bagi kita sebagai murid, namun jika kita sebagai guru, maka janganlah kita mengaharap untuk dihormati.

Semoga kita bisa berbakti kepada guru-guru kita dan mendapatkan ilmu yg bermanfaat serta mendapat berkah dari mereka.

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

والله اعلم بالصواب

By@ahmadkhairan

Sort:  

Hi! I am a robot. I just upvoted you! I found similar content that readers might be interested in:
http://mt-syahida.blogspot.co.id/2017/06/durhaka-kepada-guru.html

Congratulations @ahmadkhairan! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 1 year!

Click here to view your Board

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @ahmadkhairan! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!